Jumat, 03 Desember 2010

ORGANISASI SEBAGAI SISTEM SOSIAL SERTA CARA PANDANG ORGANISASI SEBAGAI SISTEM SOSIAL

   A.      Definisi.
Organisasi merupakan suatu kelompok orang yang memiliki tujuan yang sama. Organisasi dibentuk oleh sekumpulan individu atau masyarakat yang dalam hal ini memiliki satu tujuan dan cita-cita yang sama. Manusia sebagai makhluk sosial tidak terlepas dari rasa ketergantungan dan saling membutuhkan antar sesama sehingga menjadikan faktor terbentuknya suatu organisasi.
Dengan kata lain, organisasi sebagai sistem sosial memiliki pemahaman bahwa dalam hidup bermasyarakat, kita tidak dapat terlepas dari hukum saling tolong menolong yang dalam hal ini kita maksudkan dalam bentuk organisasi yang memiliki kebutuhan yang sama dalam kehidupan bersosial atau bermasyarakat.

   B.      Cara pandang organisasi sebagai sistem sosial.
Cara pandang organsasi sebagai sistem sosial merupakan suatu penggambaran dari cara pandang individu dalam berorganisasi. Dalam berorganisasi dikenal adanya bermacam-macam pendapat serta berbagai cara pandang, dan disitulah muncul keanekaragaman pendapat dalam berorganisasi, untuk itu perlu diadakan kesamaan cara pandang dalam berorganisasi untuk menjadikan organisasi sebagai organisasi yang mampu menampung segala aspirasi anggotanya.
Cara pandang organisasi dapat dibentuk dengan kesamaan tujuan serta cita-cita dalam organisasi. Sehingga didapat organisasi yang benar-benar berfungsi sebagai sistem sosial dalam bermasyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar